Cerita-Cerita Pakai Aplikasi GO-JEK dan Grab

gorakyat

Cerita 1: Overly-Attached Driver

Karena setiap hari berangkat dan pulang kantor naik ojek online, dan waktu itu GO-JEK lagi gencar promo, dua kali sehari aku pesan GO-JEK bayar pakai GO-PAY. Kost di Bintaro Sektor 5, kantor di Bintaro Sektor 7. Bayangin aja udah deket banget, sekali naik cuma bayar Rp 3.200,- (GrabBike). Ahahaha..

Nah, possibility buat dapat driver yang itu-itu aja kan makin besar. Karena ya area yang dekat, driver GO-JEK yang belum banyak di Bintaro dan jam berangkat dan pulang yang sama.

Suatu hari (tsah) aku dapat driver Mas A. Secara ngga pernah merhatiin nama-nama dan muka driver, aku lumayan kaget waktu drivernya bilang, “Ke Kost yang di Jalan P kan, Kak. Saya udah nganterin Kakak dua kali seminggu ini lho…” Bla bla bla bla blaa… Mas drivernya ngobrol mulu sepanjang jalan. Ya aku senyum-senyumin aja sambil keep saying ya ya.

Pas udahan nganter, malemnya Mas A sms, “Kak, makasih ya tipsnya banyak banget.” Padahal aku ngga ngasih tips apapun. Jiakakaka.. ntah dapat darimana Masnya. Lusanya, dapat Mas A lagi, “Kak, mau mampir kemana, gak papa kok saya anterin gratis. Kan kemarin tipsnya dapat banyak.”

Aku malah ngeri sendiri. Ahahaha.. bercanda, “Ngga Mas, langsung pulang aja. Btw, aku ngga ngasih tips deh kayanya.” Drivernya kekeuh, “Ah, kakak kok yang ngasih, saya tau. Hehehe..” Hlaaa… aku bingung sendiri. Hari depannya, aku ganti pake GrabBike. Ahahaha…

 

Cerita 2: Balada GO-POINTS

easy-2

Aku pakai aplikasi GO-JEK sejak tahun 2015 tapi paling intens awal Januari 2017 karena memang berangkat pulang kantor naik ojek online. Kenapa pilih GO-JEK/GO-CAR, alasannya simpel banget: isi ulang GO-PAYnya bisa pakai mobile banking. Untungnya pakai GO-JEK, bayar pakai GO-PAY diskon 40% dan dapat token main GO-POINTS. Pertama aku pikir gamenya susah, eh ternyata cuma game SWIPE. Sekali swipe, untung-untungan bisa dapat 5 poin sampe yang terbesar yang pernah aku dapetin 450 poin. Gampang banget. Ini cerita aku (A) sama temen deketku (D) tentang GO-POINTS.

D : Eh, tadi ke sini naik apa?

A : Biasa, Yang (panggilan sayang sejak kuliah, kikikiki.. alay), naik GO-CAR. Gratisan pake GO-POINTS ditukar Free Ride GO-CAR.

D : Gratis banget?

A : Banget. 600 Point ditukar perjalanan senilai Rp 50.000,-. Ke sini kan cuma Rp 45.000,- bahkan sisa Rp 5.000,-.

D : Oh, iya. Aku juga udah punya banyak ni GO-POINTS, 200an. Tukar apa ya, Yang?

A : Hah, banyak? Aku bahkan 4000an poin, Yang.

D : (Jaw dropped) Huwaaaaaaaat…??? Bahkan aku ngira 200 udah banyak. Kamu 4000. Edan.

A : Akakakakakakakakakakaaa…

Si Yang ngga tau aja sejak awal tahun ini aku 2x sehari plus 4x sehari (during weekend) naik GO-JEK/GO-CAR mulu. Gimana poinnya ngga 4000an. Kalo diuangin dengan Free Ride jadi senilai lebih dari Rp 300.000,-. Lumayan banget, ya.

 

Cerita 3: Isi ulang GO-PAY/GrabPay Ajaib

cd3wyvyviaavj2d

Pakai angkutan online keuntungan terbesarnya buatku pribadi selain promo-promo adalah cashless. Soalnya aku paling males ngumpulin uang ribuan buat sekedar berangkat pulang kantor. Mana kan sering banget tu. So, sistem GO-PAY dan GrabPay ini yang paling aku suka. Khususnya GO-PAY karena tinggal isi pakai mobile banking, kalau GrabPay agak ribet karena musti ke ATM lewat sistem Doku (Note: Mobile banking yang aku pakai ngga termasuk kerjasama GrabPay).

Yang bikin lebih hepi lagi, sering banget aku dapat top up ngga terduga. Ntah dari SMS, referral program, atau email antah berantah yang ngasih kode promo top up mulai dari Rp 50.000,- sampai terakhir dapat Rp 100.000,-. Nah khusus buat GrabPay, sampai tanggal 3 April 2017 kemarin ngasih tambahan 100% setiap isi ulang GrabPay. Aku isi aja Rp 100.000,- eh beneran dapat tambahan Rp 100.000,-. Bahagia itu sederhana. Yuhuuuu…

 

Cerita 4: My Driver, My Senior Engineer

og-gocarSemua pekerjaan halal itu baik. Mau jadi engineer, presiden, pegawai ataupun driver GO-JEK/GO-CAR atau GrabCar. Ini cerita aku pernah dapat GO-CAR yang drivernya adalah… Senior Engineer di kantor! Hehehe.. Bapaknya super baik dan ngga minder lho nyari penghasilan sampingan. Karena memang lumayan sih. Aku dengar dari pengalaman driver-driver GO-CAR, sehari kalau bisa dapat 11 orderan, bonusnya Rp 300.000,- per hari. Imagine if they can make it up to a month. Rp 300.000,- kali 30 hari, Rp 9.000.000,-. Biarpun masih jauh sama gaji engineer, but that’s still a lot for just a monthly bonus.

 

Cerita 5: I thank God for Transportation Startups

Mulai dari di”selamatkan” dari tersesat turun di stasiun kereta yang salah, kehujanan dan kemaleman pulang dari belanja bulanan di supermarket, pindahan kost dengan barang-barang bawaan ngalahin orang pindah rumah, kejebak macet super parah di Jalan Dr. Satrio, Kuningan, sampai balada kembalinya payung kesayangan ketinggalan di mobil, I am wholeheartedly thankful for online transportation.

gojek_0001_motor

Hope you also have awesome experiences with them, readers.

 

Love,

 

W

 

 

P.S. All cartoon images are taken from Kupon Ojek.

6 comments
  1. Aku juga driver ojek online, tapi stay di Jakarta Selatan – Depok hehehe..
    Hidupppl Ojol 😄

    Like

    • Semangat Adhi!
      Yang sabar-sabar ya ngadepin penumpang. Hehehe..

      Like

  2. briggy said:

    Hidup ojek online!!!!

    Like

  3. Untung bgt itu yaa kalau ada promo2an. Kita yg paling aktif ya gojek makanan aja hahahh

    Like

    • Untung banget, Non. Kayanya sepele sih untung seribu dua ribu tapi kalo tiap hari lumayan. Ahahaha..
      Gojek makanan praktis juga. Gak repot keluar rumah cuma buat beli makanan pas mager.

      Like

Leave a Reply

