Balikpapan: Hutan Mangrove, Canopy Bridge, Taman Bekapai dan Monpera

20131221_103723

Rasanya belum lengkap jadi insinyur minyak dan gas Indonesia sebelum menginjakkan kaki di kota Balikpapan, Kalimantan Timur (East Borneo). Kota pusat energi migas paling terkenal di negara ini.

Beruntungnya, aku beberapa kali dikasih tugas kerja ke Balikpapan. Biasanya beberapa hari sampai semingguan. Kota ini cukup menarik, karena penduduknya yang banyak berasal dari pulau Jawa. Bahkan kebanyakan malah berbahasa Jawa. Hehee.. Berarti kota ini dibangun oleh penduduk lokal bersama-sama dengan pendatang yang ikut bekerja di bidang minyak dan gas.

Banyak memang perusahaan-perusahaan migas internasional yang memiliki plant-plant dan offshore rig facilities di Kalimantan Timur. Diantaranya, Total E&P dari Perancis, Chevron Pacific dari USA, Badak dan Pertamina dari dalam negeri.

Selain urusan pekerjaan, tentu aja ada banyak jalan-jalannya. Yang paling berkesan dari Balikpapan adalah Hutan Mangrove Margomulyo, Canopy Bridge Bukit Bangkirai, Pantai Manggar, Taman Bekapai dan Pasar Inpres Kebun Sayur. Eh ngga lupa restoran Kepiting Dandito buat yang suka kuliner seafood.

Hutan Mangrove Margomulyo

Hutan mangrove atau bakau ini letaknya tidak jauh dari pusat kota Balikpapan. Kurang dari satu jam perjalanan sampailah kita di kawasan hutan ini yang waktu aku datang tidak ada pengunjung sama sekali. Bahkan hutannya ditutup. Namun karena bantuan warga lokal, aku bisa masuk untuk melihat-lihat hutan dan isinya. Cukup dengan meminta ijin dan memberi tip seikhlasnya, seorang pemuda lokal menemaniku keliling-keliling hutan dan sebagai penunjuk jalan.

mangrove-balikpapan-5
Bekantan di Hutan Margomulyo courtesy Benyamin Lakitan

Hutan Margomulyo sudah dilengkapi dengan titian kayu dipathwaynya. Jadi, kita tidak perlu takut mengelilingi hutan untuk melihat keindahan pemandangan dan menghirup udaranya yang segar. Info dari pemuda lokal yang nemenin aku jalan-jalan, panjang titian kayu ini hampir 1 kilometer.

To my surprise, hutan ini punya banyak macam fauna. Yang paling nyenengin, aku lihat sekeluarga monyet Bekantan secara langsung. Mereka lagi kejar-kejaran sambil teriak-teriak. Ahahaa.. Lucky me!

20131221_105922
Bunga Bakau
20131221_112608
Titian Kayu

20131221_110222

CAM00908
Walk walk walk.. (rambut dulu masih panjang)

Bangkirai Canopy Bridge

Mungkin tempat ini yang paling terkenal diantara wisatawan-wisatawan asing. Exceptional memang buat yang ngga takut ketinggian. Dan ini salah satu tempat yang recommended banget buat dikunjungi kalo kalian ke Balikpapan. Bukit Bangkirai sendiri letaknya cukup jauh dari pusat kota, jadi perkirakan perjalanan 2 jam ya.

p4192211
The famous canopy bridge

Refer ke Wikipedia, jembatan tajuk (atau canopy bridge in English) ini sepanjang 64 meter yang digantung menghubungkan 5 pohon Bangkirai di ketinggian 30 meter. Jembatan tajuk Bangkirai merupakan yang jembatan tajuk pertama di Indonesia, kedua di Asia dan kedelapan di dunia. Konstruksinya khusus dibuat di Amerika Serikat.

Untuk mencapai jembatan ini, kita harus berjalan sekitar 300 meter dari pintu masuk utama mengikuti jalan-jalan anak tangga kayu. Tiket untuk menikmati jembatan tajuk buat wisatawan lokal adalah Rp 15.000 dan 2 kali lipat untuk wisatawan asing.

Pantai Kemala

kemala_beach_cottage-water_front

Cafe di Pantai Kemala

Pantai Kemala literally ada di pusat kota Balikpapan. Menariknya dari pantai yang landai ini adalah ada restoran dan cafe-cafe yang terletak tepat di pinggir pantai. Makanan yang disajikan bermacam-macam dan enak banget. Sambil ngobrol sambil menikmati pemandangan laut dan kapal-kapal tongkang. Ahahaha… tetep ya. Berasa di Bali.

 

Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan

Monumen ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman dan didirikan untuk mengenang dua kejadian bersejarah yang terjadi di Balikpapan. Peristiwa yang pertama adalah usaha penghalangan oleh masyarakat Balikpapan atas kedatangan pasukan tentara Belanda yang memasuki daerah Pantai Klandasan Ilir Peristiwa kedua adalah terjadinya pembantaian besar-besaran oleh tentara Jepang terhadap serdadu Belanda untuk memperebutkan sumur Mathilda. [Wikipedia]

dsc02098-1
Monumen yang menghadap pantai

Di sini cuma duduk-duduk ngamatin anak-anak kecil lari-larian di pinggir pantai. Sambil nungguin sunset. Romantis. Hehehe..

CAM00800
Sunset

Taman Bekapai

Nama taman ini familiar banget buat orang-orang yang berkecimpung di dunia migas. Yup, Bekapai adalah salah satu area facility tambang minyak di perairan Balikpapan. Taman Bekapai letaknya ngga jauh dari tempat aku menginap, Hotel Gran Senyiur.

1280px-air_mancur_taman_bekapai_balikpapan
Taman di malam hari
balikpapan
Taman di siang hari courtesy Kota Balikpapan

Lokasinya yang strategis dan fasilitasnya yang cukup lengkap membuat taman kota ini ngga pernah sepi dari pagi sampai malam. Wisata keluarga pun cukup ke Taman Bekapai. Ada pedagang kaki lima (yang tertib di pinggir taman), air mancur, jogging track dan permainan-permainan untuk anak-anak. Lovely.

 

 

Itu tadi beberapa aja dari tempat-tempat wisata menarik di Balikpapan. Keren-keren memang Indonesia. Love this country so much.

 

Stay brilliant,

 

W

20131221_112408

 

Advertisements

10 thoughts on “Balikpapan: Hutan Mangrove, Canopy Bridge, Taman Bekapai dan Monpera”

  1. Pantai manggar dan Pantai Kemala bagus. Tetapi, yang paling berkesan adalah Pantai Melawai karena terdapat pulau kecil di tengah lautnya. Saat air surut, kita bisa jalan dan naik ke pulau kecil itu. Tetapi, kita harus kembali sebelum air pasang.

    Dulu, teman mengajak ke Hutan Mangrove, tapi ga ikut, jadi menyesal setelah baca cerita Wulan.

    Wooo, Canopy Bridgenya keren juga,

    Pasar Inpres Kebun Sayur mah buat yang hobi belanja saja, hmmm buat ibu2 sih, haha

    Oh iya,,.. waktu hari terakhir, kami sempat makan juga di Kepiting Dandito, rasanya masih ada di ujung lidah dekat otak.

    Like

  2. Kotanya memang nyenengin. Semi-semi camp pertambangan yang apa aja ada.

    Rakun kecil ini habitatnya selain di wordpress juga di hutan mangrove. Ahahahahaa..

    Makasih ya, Rakun Kecil!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s