Konsultasi Jerawat Dr. med. Kun Jayanata, SPKK(K)

20160923_185114.jpg

Hi, readers!

Pertama, I was not sure if this is a good idea sharing this experience with you. It’s embarrassing that I have to go to a specialist for my poor complexion. Previously, aku udah share gimana aku make tea tree oil buat perawatan jerawat, but it turned out, not as I expected. So, after blog surfing here and there, aku memutuskan buat ikut konsultasi jerawat di Dr. Kun yang hype banget di dunia persilatan. Ahahaha..

Tips menelepon klinik dr. Kun

As you all have figured, booking appointment di dokter yang satu ini susah. Dr. Kun pakai sistem phone booking a week prior to appointment. Jadi misalnya kamu telfon hari Senin tanggal 17 Oktober, kamu bisa konsultasi di minggu depan, hari Senin-Jumat (24-28 October) sesuai perjanjian kamu dengan admin atau menyesuaikan hari yang kosong. Kalau minggu depan udah full, well, not your luck, kamu musti coba lagi minggu depan buat telfon mereka karena kamu ngga boleh booking untuk 2 minggu atau lebih setelah nelfon.

Gimana pengalaman aku nelfon Dr. Kun? Here is one of my phone capture (I know, I still use flip phone. Oldie, but goldie. Hihihi..). Seventy times! And with my smartphone, more than 50s. Imagine that. Worth the fight? Moga-moga ya.

allcalls

Klinik Dr. Kun buka jam 8 pagi dan menerima telfon hampir setiap hari sampai jam 9 malam. Cuma.. jangan dibayangkan langsung diangkat ya telfonnya. Their phones are always busy. Aku coba nelfon hari Selasa (kenapa ngga Senin? karena Senin waktu itu libur nasional) pagi dari jam 8-10 terus-terusan ngga pernah nyambung. Bahkan nyambung aja ngga. Ahahaha.. Baru dapat setelah nyoba lagi mendekati jam 9 malam.

20160923_121549.jpg

Kartu nama Dr. Kun

Saranku siapkan 2 cellphones, satu di kiri satu di kanan, satu nomor yang 7518, satu yang 7519, jadi redialnya cepat. Coba terus sampai at least sejam. Kalau ngga nyambung, coba lagi siang dekat-dekat makan siang atau malam sebelum tutup. Hundred times trial gak masalah, because you only need one that works.

Waktu telfon, adminnya nanya masalah kulitnya apa (jerawat/muka berminyak) dan mau konsultansi hari apa jam berapa.

Hari Konsultasi

Hari konsultasi boleh milih antara Senin-Jumat. Paling pagi jam 10. Waktu itu aku pilih Jumat pagi. Lokasi kliniknya di seberang Universitas Moestopo, Senayan dekat Senayan City. Parkiran luas kok, jadi kalo mau bawa mobil bisa. Tapi ya itu maceeet.

Aku datang pagi jam 9 karena baru pertama kali takutnya telat atau apa (rajin banget, parah). Masuk ke lobi resepsionis trus langsung konfirmasi data, cek data diri benar atau ngga. Dan, this is the hard part: waiting. Nunggunya lumayan lama karena akan dibarengin dengan pasien-pasien lain dengan masalah yang sama. Jam 11, aku dan 9 orang lainnya masuk ke ruang periksa.

20160923_090317.jpg

Ruang tunggu

Waktu masuk suasananya cukup menyenangkan, Dr. Kun menyapa semua orang dan menyilakan kita duduk di kursi yang sudah disiapkan. Saranku, duduklah di dekat Dr. Kun di sebelah kiri meja. Kenapa? Karena disini posisi pasien yang diperiksa pertama kali, jadi cepat selesai.

Tipikal Dr. Kun adalah presentasi. Beliau berdiri di depan dan menjelaskan tentang kondisi kulit orang Indonesia, tipe-tipe kulit dan gimana kita yang kulit berminyak harus terima nasib akan berpotensi jerawatan sampai turunan-turunan. Hehehe..

Lihat kita yang lemes denger penjelasannya, Dr. Kun tersenyum dan menjelaskan hasil riset dan pengalamannya selama 31 tahun menangani jerawat. Beliau memperlihatkan foto-foto before and after pasien-pasien sebelumnya. Diliatin foto-foto muka yang sebelumnya parah banget sampai yang sekarang udah bersih mulus.

So, menurut Dr. Kun, facial is the worst skincare treatment in the world.

Dr. Kun yakin 100% bisa menghilangkan jerawat kita, tapi ada satu hal yang dia tidak bisa: memperbaiki kulit muka yang bopeng akibat facial. So, menurut Dr. Kun, facial is the worst skincare treatment in the world. It does not do you any good. Instead, it causes you huge huge pores and defect. He said that, his medical treatment can change your severe-acne skin to pimples free and smooth skin, but if we used to do facial, there will be no smooth skin. Jadi, buat kalian yang belum pernah facial dan mempertimbangkan untuk itu, don’t. Kalau udah terlanjur, stop it right now. You’re damaging your skin.

Aku merangkum wejangan-wejangan dari Dr. Kun selama beliau presentasi. Beberapa mungkin agak nggak biasa, malah the opposite of common knowledge, tapi aku percaya sama Dr. Kun. Secara kan beliau udah puluhan tahun jadi spesialis. It’s up to you, though. Follow what fits you best.

  • Tidak boleh facial/pencetin jerawat/komedo (komedo adalah bentuk ringan jerawat).
  • Tidak boleh minum Vitamin E, B dan multivitamin yg mengandung keduanya.
  • Pembersih muka bisa apa aja asal tidak mengandung: sulfur (memicu timbul jerawat), tea tree (mengandung vit E), scrub (membuat lecet), selain itu semuanya boleh, bahkan sunlight/sabun mandi aja boleh hehe..
  • Tidak ada diet makan; kacang pemicu jerawat itu bohong, malah disuruh makan kacang yang banyak karena mengandung lemak baik.
  • Wajib pakai sunblock wajah, leher dan tangan. Sunblock boleh merk apapun.
  • Harus pakai lipbalm. Tidak boleh menjilati bibir kering, karena membuat bibir hitam kaya perokok berat.
  • Minum air putih minimal 1.5 liter/hari, kurang minum bisa memicu stroke dan penggumpalan darah. Muka berminyak tapi ada kulit yg kering (di bagian tubuh lain) adalah tanda kita kurang minum.
  • Kulit berminyak dan berpori besar itu keturunan (a.k.a udah nasib, tidak ada hubungannya dengan makanan, nanti anak-anaknya juga akan jerawatan, jadi kalo punya anak nanti sarannya cuma satu: jangan facial!
  • Suntik jerawat tidak mengatasi jerawat secara permanen dan hanya untuk yang super parah, jerawat super besar.
  • Tidak ada produk Vitamin E atau whitening facial wash yang bener, itu cuma menguntungkan industri, investor, periklanan dan yang jelas artisnya.
  • Untuk obat khusus yang diberikan Dr. Kun, ini adalah Vitamin A dosis tinggi, Isotretinoin, so wanita yang sudah menikah harus KB, kalo ngga KB ngga boleh. Obat ini diklaim dr. Kun juga digunakan di Singapura. Terbukti dipakai selama 31 tahun oleh dr Kun untuk mengatasi jerawat.
  • Balik konsultasi kedua kalo pas ke Jakarta lagi aja atau kalau sempet (hehehee.. asik kan yang dari luar kota) 6 bulan dari pertama konsultasi.
  • Obat antibiotik (yang disertakan diresep) diminum cuma buat yg jerawatan bernanah, kalo udah ngga bernanah, baru minum obat jerawat.
  • Untuk antibiotik, Jumat minum antibiotik, Rabu minum obat jerawat bareng sama antibiotik bisa barengan bisa pisah-pisah. Jerawat parah antibiotik 20 butir, jerawat sedang antibiotik 15 butir. Jerawat ringan tidak perlu antibiotik.
  • Ini yang menarik, dr. Kun tidak memaksa beli antibiotik atau krim atau sunblock dari apotiknya. Antibiotik bisa dibeli dimana aja.
  • Obat jerawat dikonsumsi secara teratur minimal 1 tahun, dilihat dari berat badan. Kita akan ditanya dan ditimbang berapa berat badannnya. Kalau 50 kg, maka obat diminum 1 kali/hari; 35 kg = 1 kali/2 hari. Obat jerawatnya diminum setelah makan besar.
  • Diberi resep krim pemutih kalau kita minta aja.

Yang dijamin oleh Dr. Kun adalah:

  • Jerawat/komedo = sembuh total stlh 1-3 bulan
  • Bolong-bolong akibat jerawat akan mendingan (tapi tidak bisa memulihkan akibat facial)

Tips aja buat temen-temen yang mau konsultasi: jangan menyela dokternya pas lagi jelasin di depan, pasti dicuekin. Haha.. Ini pengalaman pasien lain yang bareng sama aku.

20160923_121745.jpg

Tulisan tangan Dr. Kun

Setelah presentasi dan wejangan-wejangan diatas, Dr. Kun memeriksa wajah kita satu persatu dan diberi resep. Daftar pertanyaan-pertanyaan Dr. Kun selama memeriksa:

  • Punya jerawat punggung?
  • Berat badan?
  • Facial/pencetin sendiri?
  • Program hamil ngga?
  • Mau putihin kulit ngga?
  • Sering kena sinar matahari atau kerja di dalam ruangan AC?
  • Jerawat dilihat bernanah atau ngga.

Setelah selesai, kita bisa keluar ruang periksa duluan dan tidak perlu menunggu pasien-pasien lain. Setelah keluar, kita langsung kasih form ke resepsionis. Kartu dan resep harian dari Dr. Kun tetap kita bawa sambil menunggu dipanggil lagi. Tips: jangan jauh-jauh duduknya. Takut ngga dengar kalo dipanggil. Setelah dipanggil, kita bayar biaya konsultasi dan obat di resepsionis. Tips: baiknya pakai uang tunai biar lebih cepat. Kita akan diberi kuitansi. Setelah itu kita harus bersabar menunggu lagi.

20160923_110808.jpg

Resepsionis

20160923_121631.jpg

Obat dan krim

Setelah dipanggil resepsionis, kita akan dijelasin tentang obat dan dicek krim-krimnya, apakah sudah benar. Selesai! Fiuh. Panjang ya.

Aftermath

Aku menulis blog ini sekitar 4 bulan setelah konsultasi pertama dan masih minum obatnya (almost) everyday. Currently, my skin is so much better. Aku ngga mengalami breakout (some patients do experience breakout). Dan aku udah lupa kapan terakhir kali wajah muncul jerawat (tsah, sombong banget, hahaha..).

  • 1 minggu kemudian: mata kering (apalagi bangun tidur), jerawatku ngga banyak, cuma beberapa di pipi memerah
  • 2 minggu kemudian: bibir kering, mulai perih, kulit ngelupas di dekat kuku, rambut terasa kering, jerawat masih ada
  • 4 minggu kemudian: bibir normal, tidak ada yang ngelupas lagi, jerawat kering, rambut juga kering
  • 2 bulan kemudian: jerawat hilang, totally normal kecuali pagi hari habis bangun tidur bibir kering banget, rambut mulai normal (tambahan pakai makarizo hair protector)
  • 4 bulan kemudian: it’s all good, kulit bersih. I took blood test and complete scan of my health on January, and it’s all normal. Komedo mulai ada lagi tapi tipis.

Aku berencana minum obatnya at least sampai 8 bulan. Dengan dosis yang semakin berkurang tentunya.

Kalau udah habis, membeli obat jerawat gampang banget. Kita tinggal whatsapp nomer yang tercantum di kartu nama Dr. Kun. Tim Dr. Kun akan mengirimkan obat lewat JNE segera setelah kita transfer. Selama ini aku udah 2 kali pesan dan selalu fast response. Setiap kali pesan, kita bisa langsung beli 2 botol.

For some people, it seems dangerous to consume such medicine regularly. But, I believe in the treatment and the specialist, Dr. Kun. He is an expert, not just a common practitioner. We can’t deny his experience.

It is up to you now. Semoga berguna ya.

Stay beautiful,

W

Advertisements
27 comments
  1. ester said:

    boleh tanya kah aku baru 2 mnggu pakai obat dr kun cuman kalau pakai krim pagi yg 2 itu perih dan panas yah apakah kamu juga gitu ? ini sekaran 2 mnggu pakai krim nya jerawat jadi muncul gitu ada kayak nanah nya juga..

    Like

    • Hi Ester.. aku ngga ngalamin break out (jerawat meradang, dll) selama pakai obat atau krimnya. Jadi jerawatku langsung kering, bukan bernanah. Kalau dari pengalaman teman-teman lain memang ada yang break out dan katanya itu normal untuk minggu-minggu awal.
      Maaf ngga bisa membantu.

      Like

      • ester said:

        makasih banyak yah ud mau reply.. iya jd bingung jg sih mau lanjut atau gek heheh..

        Like

  2. Viola said:

    Kak masih pake obat jerawat dr kun? Udh brp lama kak skrg dosisnya jd brp kali?

    Like

    • Hi Viola.. masih pakai. Udah dari bulan September tahun lalu. Dulu sehari sekali. Sekarang jadi 2 hari sekali.

      Like

  3. Savira said:

    Aku bbrp kali masuk tpi gk d angkt2 malah ujung2ny suruh tinggalkan pesan ..bingung dh wulan

    Like

    • Iya aku pernah juga kaya gitu, Savira.
      Ntah kenapa admin-adminnya ngga angkat telfon. I wonder mungkin karena pekerjaan mereka dobel bukan cuma angkat telfon tapi juga melayani pasien-pasien yang habis konsultasi.
      Bisa juga karena jatah buat minggu itu udah habis.
      Udah coba minta bantuan teman-teman buat nelfonin atas nama kamu? Mungkin bisa membantu.
      Good luck, Savira!

      Like

  4. Savira said:

    Aku udh sebulan ini coba tlp tpi gk bisa2 ..udh gak tau lgi hrus ngapain ..mngkin ada calo tlp ..hahaha

    Like

    • Semangat ya Savira. Memang agak susah telfonnya.
      Dulu pernah ada yang nyamperin langsung ke kliniknya (tanpa telfon dulu), ditolak sama resepsionisnya.
      Hmmmm..

      Like

  5. Anonymous said:

    hai kak, waktu hari pertama kakak dapet kartu member pasien gitu gak ya?kok aku gak dapet ya terus untuk tau nomor pasiennya darimana ya kak?

    Like

    • Halo.. iya dapat kartu membernya hari pertama. Waktu daftar ke resepsionis (sebelum masuk ruang konsultasi) kita diminta isi data pribadi.
      Habis konsultasi, waktu ambil obatnya kita dijelasin cara pemesanan lewat delivery dan dikasih kartu pasien.
      Hmmm.. coba ditelfon. Karena kalo mau pesan delivery harus cantumin nomor pasien.
      Good luck!

      Like

  6. Lia said:

    kak, aku mau nanya soal krim pemutih, dulu kakak pake berapa lama? terus kalau udah gak pake jadi balik ke warna kulit asal atau nggak? sama krim pemutih ganggu proses pemulihan jerawatnya gak kak? makasih kak sebelumnya, aku baru mau ke dr kun tgl 7 juni dan baca review kakak sangat membantu ^,^

    Like

    • Hi Lia,
      Aku dulu ngga gitu lama pake krim pemutih. Kayanya seminggu, hahaha.. Soalnya aku ngga suka yang putih banget. Ini cuma aku pake buat bersihin bekas jerawat lama yang warnanya gelap.
      Menurutku krim pemutih ngga ganggu proses pemulihan jerawat.
      Obat minum bikin kulitku ngga berminyak lagi, jadi kulitku kelihatan lebih cerah (ilang kusamnya). Itu udah cukup buatku. Tanpa perlu lagi pake krim pemutih.

      Like

      • Lia said:

        ohh gitu kakk,,,,

        kakak dulu cara menyimpan obat dr kun gimana kak? perlu ditaro di kulkas gak sih?heheh

        Like

        • Kalo obat aku simpan biasa aja. Krim baiknya memang masukin kulkas. Hihihi..

          Like

  7. Rose said:

    Hallo saya mau nanya nih saya pasien baru dokter kun agak sedikit lupa cara pake krim nya. Kebetulan saya dapet krim jerawat 2&3. Krim ini cmn buat di okee di jerawat aktif aja ya? Tp kl udh gaada yg aktif gausah oke krim apa gmn? Dan krim pemutih 1 itu di pake ke semua bagian atau hanya part tertentu? Dan pake krim nya itu sekaligus sekalian atau bertahap satu2 nunggu kering? Thank you 😭 Mohon dibales ya

    Like

    • Hi Rose aku coba jawab seingatku ya karena udah lama banget ngga pake krim jerawat dan pemutih.

      Untuk krim jerawat cuma dipake di jerawatnya aja. Kalo ngga jerawatan lagi, ngga usah dipake.
      Untuk krim pemutih diratain ke semua bagian termasuk leher.
      Pertama pake dulu krim jerawat di bagian yang berjerawat, tunggu 1-3 menit, baru olesin krim pemutihnya.

      Semoga bermanfaat.

      Like

  8. Indah Pakpahan said:

    Hai kak. Makasi banget, sharingnya sangat membantu. Btw, saya kan kerja nih senin-jumat, bisanya sabtu doang. Dr. Kun tutup kah kalo sabtu? Kalo hari kerja harus cuti dong 😦

    Like

    • Hi Indah. Sabtu tetap buka setauku.
      Minggu yang tutup.
      Kalau aku dulu ijin sama kantor, jadi masuk ke kantor dulu, jam 9 ijin ke dokter. Karena di dokter kun cuma sebentar. Jam 1 pas makan siang udah balik ke kantor lagi.
      Coba bicarakan aja sama atasan kamu. Pasti beliau maklum.
      Semangat Indah!

      Like

  9. Dinta said:

    Ka, kalo semisal konsul ny lewat wa bisa ga ya sekalian pesen krimnya

    Like

    • Setauku ngga bisa Dinta. Waktu WA kita ditanya nomor pasien. Kalau kita belum pernah konsultasi, ngga ada nomor pasiennya.
      WA cuma ditangani suster, sementara konsultasi, langsung sama dokter Kun. Ngga semua yang konsultasi dikasih obat.
      Semoga membantu ya Dinta.

      Like

  10. fika said:

    susah ya untuk di telfon?:( saya telfon sibuk terus…

    Like

    • Lumayan susah Fika. Aku seharian nelfon terus. Baru dapat malam sebelum jam tutupnya, kira-kira 5 menit sebelum tutup. Coba juga minta tolong teman buat nelfon atas nama kamu, jadi kemungkinannya lebih besar. Semangat Fika!

      Like

      • fika said:

        aku udah bisa telfon hehe,hari ini aku datang ke dr.kun.

        Like

  11. Anonymous said:

    Thank you for summarizing all the steps and tips. Cheers 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: