Game of Thrones: What You Need to Know

game-of-thrones-jon-snow-season-6

Halo semua!

Apa kalian ngikutin serial TV Game of Thrones (GOT) yang tayang sejak 2011? Kalau iya, sekarang kalian tau aku cinta banget sama serial ini. Kita bisa bagi-bagi cerita. Kalau engga, duh. Nonton deh sekarang. Download maksudnya ya, karena Season 6 baru aja selesai kemarin pagi. Pal, you have missed the best television serial of all time (up to now). Hihi..

Winter is coming.

I’m not kidding lho. Presiden Barrack Obama aja sampai minta buat nonton Season 6 duluan sebelum resmi tayang karena ngefans sama serial ini. Dan akun twitter resmi White House once upload this photoshopped image. LOL.

GOT

HBO menayangkan serial ini bulan April-Juni setiap Minggu malam jam 8 US time, which is jam 8 pagi hari Senin di Indonesia. Untungnya HBO menayangkan rerun malam harinya jam 8 juga. So, I don’t need to come late to office (which I would if there’s no rerun). Sebagai pecinta serial yang baik, haha, aku anti banget ngeliat spoiler sebelum nonton. Ini super susah karena begitu hari Senin jam 9 pagi, semua media internet (termasuk TIME, Wired, Vanity Fair, New Yorker, Daily Mail, Tech Insider, Forbes) pasti ngomongin ceritanya, apalagi 9Gag, gudangnya fans GOT. Beuh, nggak selamat deh. So, buat menghindari hujan spoiler, puasaku selama dua bulan ini adalah no internet Monday. At least dari jam 8 pagi-8 malam.

WARNING! CONTAIN SPOILERS!

Valar morghulis!

Jadi apa yang sebenernya musti kita tau dari serial epik ini:

a_song_of_ice_and_fire_book_collection_box_set_cover

Diangkat dari rangkaian buku karangan George RR Martin (GRRM) berjudul A Song of Ice and Fire yang (rencananya) terdiri dari 7 buku. Buku 1: A Game of Thrones (1996). Buku 2: A Clash of Kings (1998). Buku 3: A Storm of Swords (2000). Buku 4: A Feast for Crows (2005). Buku 5: A Dance with Dragons (2011). Buku 6: The Winds of Winter (forthcoming). Buku 7: A Dream of Spring (forthcoming).

Rencananya akan ada 8 seasons yang tayang di HBO. Season 6 baru saja selesai tahun ini. Setiap season, kecuali forthcoming season, terdiri dari 10 episodes. Yang menarik adalah episode 8 dan 9 selalu menjadi episode paling bagus dan punya rating tinggi (kecuali mungkin season 6, which episode 10-nya beyond awesome).

If it’s your first season, don’t you dare having favourite characters, they’ll die before you can spell Dracarys. Haha.. I mean it. Karena aku udah jadi korban.

Cerita di buku dan serial TV slightly different. Jadi untuk pecinta bukunya, jangan harap bisa ngasih spoiler. Anyhow, they both amazing stories. So, keep on reading.westeros-map

GOT menceritakan kehidupan di The Known WorldWesteros dan Essos. Melihat dari kesamaan environmentnya, Westeros itu adalah fiksi dari dataran Britania (United Kingdom) dan Eurasia. Bahkan di dataran UK ada Hadrian’s Wall yang merepresentasikan The Wall di serial ini.

The Seven Kingdom (Westeros) terdiri dari Kingdom of the North dipimpin oleh House Stark of Winterfell, Kingdom of the Mountain and the Vale dipimpin oleh House Arryn of the Eyrie, Kingdom of the Isles and Rivers dipimpin oleh Harren Hoare of Harrenhal, Kingdom of the Rock dipimpin oleh House Lannister of Casterly Rock, Kingdom of the Stormlands dipimpin oleh House Durrandon of Storm’s End, Kingdom of the Reach dipimpin oleh House Gardener of Highgarden dan Principality of Dorne dipimpin oleh House Martell of Sunspear. Sebagai catatan, Harren Hoare, Durrandon dan Gardener telah punah. House Hoare digantikan oleh House Greyjoy dan Tully. House Gardener digantikan House Tyrell. House Durrandon digantikan House Baratheon.

The Seven Kingdom dipimpin oleh seorang raja bertempat di King’s Landing dengan singgasana yang terkenal, The Iron Throne. Singgana ini dibentuk dari 1000 pedang yang ditempa dengan api naga. Title raja dari The Seven Kingdom adalah King of the Andals, the Rhoynar, the First Men, Lord of the Seven Kingdoms, and Protector of the Realm.

Iron Throne

The Iron Throne

Kepercayaan yang dianut di The Known World berperan penting membentuk jalan cerita dan karakter tokoh-tokoh GOT. Diantaranya Old Gods of the Forest, Faith of the Seven, Drowned God, R’hllor atau the Lord of Light, Many-Faced God, Great Stallion dan Ghiscari.

The Seven Kingdom dibangun oleh King Aegon I Targaryen (The Conqueror). Lebih dari tiga ratus tahun sebelum cerita GOT dimulai. Aegon I menaklukkan seluruh Westeros (kecuali Dorne dan Beyond The Wall) menggunakan tiga naganya: Balerion, Vhagar dan Meraxes. Dorne bergabung dengan The Seven Kingdom melalui pernikahan di tahun-tahun kemudian.

tumblr_lmpgugmyuf1qdf69u

Infamous story of Rhaegar gave blue roses to Lyanna in front of his wife

House Targaryen berhasil mempertahankan posisinya sebagai penguasa selama 300 tahun sampai King Aerys II (The Mad King). Putra mahkota, Pangeran Rhaegar yang telah menikah dengan Lady Elia Martell, “menculik” Lady Lyanna Stark yang telah bertunangan dengan Robert Baratheon. Ayah Lyanna, Lord Rickard Stark dibunuh oleh King’s Guard saat mengadukannya pada King Aerys II. Kakak Lyanna, Ned Stark dan Robert Baratheon kemudian memimpin pemberontakan pada kekuasaan Targaryen yang disebut sebagai Robert’s Rebellion. Dalam masa pemberontakan itu, sebagian besar keluarga Targaryen dibunuh dan istrinya yang sedang hamil dan anak keduanya, Viserys, yang masih hidup melarikan diri ke Free Cities (Essos). Setelah pemberontak mengambil alih The Seven Kingdom, Robert Baratheon dinobatkan menjadi raja yang baru dan mengambil istri Cersei, anak dari Lord Tywin Lannister, untuk memperkuat kedudukannya.

Cerita serial GOT dimulai saat Robert Baratheon telah menjadi King of the Seven Kingdom selama 17 tahun dan Jon Arryn, Hand of the King, mati dibunuh. Ned Stark, Lord of The North, ditunjuk oleh King Robert untuk menggantikan Jon Arryn.

game-of-thrones-character-relationships

And the story goes.

Valar dohaeris!

Sources:

Advertisements

2 thoughts on “Game of Thrones: What You Need to Know”

    1. Hi Fiberti.. iya bener banget banyak adegan super violence dan vulgar di serial ini. HBO Indonesia udah mensensor dan memberikan note adult serial (require viewer’s discretion) di awal tayangan.
      Untuk bukunya lebih detail lagi malah, jadi sebaiknya memang 21 tahun ke atas ya yang mau baca. Hehe..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s