Produk Perawatan Kulit Favorit

20160508_104704

Setiap cewek pasti memperhatikan kondisi kulitnya. Baik yang bertipe kulit kering, berminyak atau bahkan yang (luckily) normal. Kulitku tergolong berminyak. Banget. Hahaha.. This is so frustrating karena aku jadi mudah jerawatan dan muka terlihat kusam kalau minyak tidak dibersihkan.

Setelah berbagai macam perawatan dokter dan diet makanan tertentu, aku simpulkan faktor-faktor yang menyebabkan jerawat di mukaku. Take a note ya kalau ini berlaku buat kulitku, mungkin untuk temen-temen ada yang sama ada yang berbeda.

Faktor makanan:

  1. Selai sarikaya; ini adalah makanan paling ultimate yang menyebabkan jerawat besar dan meradang di mukaku. Hal ini karena selai sarikaya mengandung banyak sekali kuning telur dan santan. Tidak lama setelah makan selai sarikaya muncul jerawat batu yang memerah dan kalau nggak dirawat dengan benar akan menular ke spot di dekatnya. Bekas jerawatnya seperti kulit terbakar. Dibutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu untuk hilang. Obat paling ampuh selama ini adalah suntik jerawat dokter Fanny.
  2. Kopi dan teh, atau minuman berkafein lain; setiap kali pekerjaan di kantor membutuhkan perhatian lebih, aku suka banget menyeduh teh atau membuat kopi hitam buat sarapan. Efek yang ditimbulkan untuk pekerjaan sangat posifit karena aku jadi sangat fokus dan lebih cepat tanggap (as we know the caffeine effect). Tapi efek di kulitnya super menyebalkan karena jerawat batu yang kecil-kecil, redness dan bruntusan di dahi. Obat paling ampuh adalah berhenti konsumsi kafein.
  3. Kacang; nuff said. Guilty plesure banget. Efek yang ditimbulkan mirip dengan kafein.
  4. Telur; sekarang aku membatasi makan telur 1 hari 1 butir. Kalau bisa malah tidak mengkonsumsi sama sekali.

Faktor kebiasaan:

  1. Begadang; info dari dokter Fanny dan artikel-artikel kesehatan menunjukkan kalau tidur tidak teratur di malam hari, tidur kurang dari 6 jam, atau tidur lebih dari jam 12 malam akan mengganggu proses regenerasi kulit yang umumnya terjadi dari jam 12-3 pagi.
  2. Menggunakan kertas minyak terlalu sering; sebenarnya aku kurang tau apakah akan mempengaruhi timbulnya jerawat di kulit mukaku, tapi yang jelas semakin sering aku pakai kertas minyak, semakin berminyak kulitku. Another guilty pleasure karena setelah menggunakan kertas minyak, kulitku jadi terlihat lebih cerah dan halus.

Sekarang aku mengandalkan beberapa produk untuk perawatan mukaku, diantaranya The Body Shop Tea Tree Oil dan Scrub-nya.

Biasanya aku mengoleskan tea tree oil di malam hari sebelum tidur hanya di bagian berjerawat saja, dan pagi harinya jerawat akan mengempis. Setelah 2-3 hari, jerawat akan kering.

Scrub exfoliator tea tree oil dari The Body Shop sangat cocok untuk kulitku yang jerawatan. Awalnya aku menggunakan scrub kering tapi jerawat malah semakin banyak. Ternyata scrub kering memicu hormon/minyak. Exfoliator TBS ini digunakan saat muka kita sudah dibasahi dengan pijatan lembut dan dibasuh dengan air.

Semoga reviewnya berguna ya.

Lots of love.

 

Update:

From November 2016, I no longer use any tea tree products.

Advertisements

2 thoughts on “Produk Perawatan Kulit Favorit”

  1. Aku juga udah hampir 3 tahun ini mba bertarung melawan pasukan jerawat di seluruh wajah, dan tips diet jerawat dari dokterku juga bilang untuk nggak mengkonsumsi telur dalam jumlah besar, kalo pun mau makan telor jangan makan kuningnyaa…

    trus, jangan makan yang daging2, makanan yg mengandung vitamin E sama yang manis-manis, oiyaa yang pedes2 juga jangan, bisa di makan tpi dikurangin.

    Salam kenal yaa mbaa 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s