Mendaftar Sekolah S2 Part 1: Memilih Universitas

school

Saya telah menjadi seorang Safety Engineer selama 3 tahun lebih. Tidak ada pekerjaan kantoran lain yang saya inginkan selain ini. Rasanya sangat menyenangkan mengetahui kita berperan dalam menjaga kesehatan dan keselamatan seorang ayah atau tulang punggung keluarga yang bekerja di medan yang berbahaya.

Tahun ini saya ingin meningkatkan karir dan pengetahuan dengan mendaftar ke beberapa universitas. Cukup sulit menemukan universitas yang menyediakan program khusus safety engineering. Indonesia tidak menyediakan program khusus ini, sehingga saya harus mencari universitas di luar negeri.

Setahun belakangan saya mencari. Daftar universitas dan program yang saya dapatkan komplit dengan QS World Rank-nya (penilaian umum, bukan fakultas/jurusan) dan bahasa yang dipakai adalah:

Update – November 3rd 2016

  1. National University of Singapore, Singapore – Safety, Health and Environmental Technology (QS Rank 12) (ENGLISH)
  2. Erasmus Mundus, Europe and USA – IMFSE (QS Rank 21 – University of Edinburgh) (ENGLISH)
  3. Lund University, Sweden – Risk Management and Safety Engineering (QS Rank 73) (ENGLISH)
  4. University of Sheffield, England – Process Safety and Loss Prevention (QS Rank 80) (ENGLISH)
  5. KU Leuven, Belgium – Safety Engineering (QS Rank 82) (ENGLISH)
  6. University of Leeds – Fire and Explosion Engineering (QS Rank 93) (ENGLISH)
  7. University of Aberdeen, Scotland – Safety & Reliability Engineering in Oil and Gas (QS Rank 137) (ENGLISH)
  8. Texas A&M – Mary Kay O’Connor Process Safety Center, USA – Safety Engineering (QS Rank 159) (ENGLISH)
  9. Politecnico di Milano, Milan – Safety and Prevention Engineering in the Process Industry (QS Rank 183) (ITALIAN)
  10. University of Canterbury, New Zealand – Fire Engineering (QS Rank 211) (ENGLISH)
  11. Norwegian University of Science and Technology, Norway – RAMS (QS Rank 254) (ENGLISH)
  12. Heriot-Watt University, Edinburgh – Safety, Risk and Reliability Engineering (QS Rank 324) (ENGLISH)

 

Note:

Hasil dari riset lebih jauh, beberapa universitas di atas kurang sesuai dengan bidang saya.

  • Program NUS adalah master untuk semua tipe ilmu safety: industri, occupational/HSE dan process safety yang di gabung jadi 1 program. Kurikulum awal (Foundation Module) akan sama, sementara semester selanjutnya diminta untuk memilih spesialisasi.
  • Program Lund University, Erasmus IMFSE dan University of Canterbury dibawahi Fire Department dan secara khusus tidak menyediakan kurikulum untuk oil and gas industry, program mereka lebih ke Safety in Structural/Building.
  • KU Leuven mensyaratkan pendaftar telah mendapat Master Degree dari bidang Science atau Engineering. Master for Master. It’s weird, I know.
  • Politecnico di Milano, take a note: Italian! Next.
  • NTNU. I am not quite sure how I can adapt to the environment. Trondheim is so far away North that it’s covered with snow. LOL, kidding.
  • Heriot-Watt University, distance learner only.

Tersisalah, University of Sheffield, University of Aberdeen dan Texas A&M. My next mission is Texas A&M Mary Kay O’Connor Process Safety Center. Siap-siap belajar GRE.

N.B. Ada yang pernah nanya, kenapa ngga apply di MIT, kan IELTS-nya masuk tu? Jawabnya bikin sedih: ngga ada program process safety di sana.

 

Mengingat application deadline dari masing-masing program, saya mendahulukan program dari United Kingdom terlebih dahulu. Untuk kedua universitas dari UK yang saya sebutkan di atas, deadlinenya adalah sekitar bulan Juli setiap tahunnya. Namun sebaiknya, pendaftaran untuk international student dilakukan secepatnya. Admisi akan menggunakan sistem first come first serve untuk penerimaan mahasiswa post graduate. Bulan Desember-Januari adalah bulan yang tepat untuk mendaftar.

Bagi saya, diterima di University of Sheffield adalah ultimate goal. Hal ini dikarenakan beberapa senior dan spesialis safety engineer yang saya kenal di Indonesia baik itu lokal atau ekspatriat adalah lulusan sekolah ini.

Namun tentu saja saya tidak mengecilkan University of Aberdeen. Aberdeen dikenal sebagai sentral oil and gas di UK dan salah satu yang terbesar di Europe. Program postgraduate yang disajikan oleh universitas ini sangat tepat sesuai bidang pekerjaan saya.

Syarat pendaftaran untuk universitas-universitas tersebut relatif beragam namun beberapa data yang dibutuhkan sama. Berdasarkan pengalaman saya sejauh ini, mendaftar postgraduate safety engineering di UK lebih “mudah”. Tidak dibutuhkan biaya pendaftaran untuk University of Sheffield dan University of Aberdeen.

Dokumen utama yang dibutuhkan adalah:

  1. Academic transcript
  2. Personal statement
  3. Reference letter

Semua orang yang lulus dari bachelor’s degree bidang engineering dengan gelar upper second class atau 2:1 (two one) dan kemampuan bahasa IELTS di atas 6.5 dapat mendaftar.

Personal statement adalah syarat yang paling lama saya siapkan. Sekitar dua minggu berdiskusi dan berdebat (which involve also a drama) dengan pacar, akhirnya baru jadilah personal statement yang bisa merepresentasikan pribadi dan rencana sekolah S2 saya. Memang semakin early kita mempersiapkan personal statement, semakin baik hasilnya. Dan saya tidak merekomendasikan membuat personal statement “sendirian”. Awalnya kita buat statement sendiri, tetapi setelah itu hukumnya wajib ada orang terpecaya yang membaca dan mengkritik tulisan kita, bisa keluarga, dosen atau senior dipekerjaan, atau bisa juga pacar. Sesuaikan juga gaya tulisan bahasa inggris kita dengan universitas yang kita tuju. Dalam kasus saya, bahasa inggrisnya harus gaya british (bukan american atau australian).

Tips oke dari website yang saya temukan:

love it

Saya baru saja submit application saya ke University of Aberdeen. Rencana selanjutnya adalah submit ke University of Sheffield. -update I have submitted my application to University of Sheffield.

Wish me luck!

2 thoughts on “Mendaftar Sekolah S2 Part 1: Memilih Universitas”

Leave a Reply

